Skip to main content

TUGAS SOFTSKILL “BENEBA CANVAS DAN MULTIMEDIA BUILDER”



TUGAS SOFTSKILL
“BENEBA CANVAS DAN MULTIMEDIA BUILDER”




KELOMPOK 7

                        Ahmad Rifat Shahab                                            1C114862   
                        Amelia Safitri                                                       10114950
                        Muammar Gazali                                                  16114851
                        Muhamad Rifa Maulidan                                     16114995
                        Yohanes Haposan Surya                                       1C114439



3KA17


UNIVERSITAS GUNADARMA



1. BENEBA CANVAS

Desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)

Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop).
Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress


2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung.
Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer


3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
- Adobe Photoshop                                                        - Microsoft Photo Editor
- Corel Photo Paint                                                          - QFX
- Macromedia Xres                                                          - Wright Image
- Metacreations Painter                                                                - Pixelmator
- Metacreations Live Picture                                       - Manga Studio
- Micrografx Picture Publisher                                    - GIMP

4. Aplikasi Pengolah Film/Video

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition
- Camtasia

5. Aplikasi Pengolah Multimedia

Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro

2. MULTIMEDIA BUILDER

                Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur-unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan di dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
                Multimedia Builder adalah sebuah tool alternatif yang menarik untuk membuat sebuah aplikasi multimedia. Multimedia Builder merupakan alat untuk multimedia authoring yang dikembangkan oleh Mediachance, memungkinkan untuk membuat menu autorun untuk CD, presentasi, aplikasi multimedia, pemutar media dan banyak lagi. Bagi yang ingin membuat aplikasi multimedia secara cepat disarankan untuk memakai aplikasi ini karena dengan memakai aplikasi multimedia builder ini kerja anda dalam membuat aplikasi multimedia semakin efisien dan sangat menyingkat waktu pastinya. Hal ini memungkinkan untuk membuat fitur lengkap aplikasi berbasis Windows yang berisi grafik, animasi, musik (termasuk dalam format MP3). Multimedia Builder menciptakan aplikasi exe-kecil independen dan memiliki segala yang dibutuhkan. Dengan itu, dapat membuat program multimedia tanpa menghabiskan satu bulan untuk belajar bahasa pemrograman yang kompleks. Jika ingin memperluas kemampuan mereka, ini akan membantu MMB (Multimedia Builder) bahasa scripting. Sederhana dan terjangkau tetapi pada saat yang sama dengan kemampuan yang luas, bahasa ini akan membantu untuk membuat langkah pertama dalam pemrograman. Saat ini memang sudah banyak tool untuk membuat multimedia, contoh tool untuk membuat multimedia yang sangat tren saat ini seperti Macromedia Flash dan juga tool programing yang sudah tidak asing lagi bagi para pembuat aplikasi komputer seperti Visual Basic. Jangan ragu lagi untuk menggunakan tool multimedia builder ini yang pasti aplikasi ini bisa dipakai baik dalam membuat presentasi berita ataupun gagasan-gagasan yang sangat besar seperti membuat sebuah tutorial maupun biodata.

Terdapat tiga manfaat yang telah dirangkum dan bisa didapatkan jika menggunakan tool multimedia builder ini diantaranya :
1. Tool Multimedia Builder ini bisa dimanfaatkan untuk membuat autorun CD-Rom
2. Dengan Multimedia Builder ini bisa membuat serta membangun aplikasi multimedia hanya dalam
    hitungan menit tanpa harus menunggu selama berbulan-bulan
3. Multimedia Builder ini mempunyai banyak fitur dan tidak sulit untuk pengoperasiannnya dan bisa
    menggunakan aplikasi ini untuk membuat aplikasi dalam bentuk standalone format .exe dengan
    menggunakan fitur compile

Multimedia Builder dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi seperti:
- Elektronik buku (e-book)                                           - Multimedia Proyek
- Interaktif tes                                                                   - Elektronik Selebaran
- Kerangka Informasi untuk CD-ROM                      - Direktori
- Demonstrasi                                                                    - Elektronik Resume
- Pendidikan Bahan



Comments

Popular posts from this blog

12 Prinsip Animasi

  1.Solid Drawing Menggambar sebagai dasar utama animasi memegang peranan yang signifikan dalam menentukan -baik proses maupun hasil- sebuah animasi, terutama animasi klasik. Seorang animator harus memiliki kepekaan terhadap anatomi, komposisi, berat, keseimbangan, pencahayaan, dan yang terpenting adalah kesamaan bentuk. Karakter haruslah tetap dapat terlihat seperti karakter tersebut walaupun dia melakukan segala macam gerakan dan segala macam posisi. 2.Timing & Spacing Grim Natwick -seorang animator Disney pernah berkata, “Animasi adalah tentang timing dan spacing”. Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak. 3.Squash & Stretch Squash and stretch adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup. Penerapan

Kepemimpinan

Teori dan Arti Penting Kepemimpinan Gaya kepemimpinan, pada dasarnya mengandung pengertian sebagai suatu perwujudan tingkah laku dari seorang pemimpin, yang menyangkut kemampuannya dalam memimpin. Perwujudan tersebut biasanya membentuk suatu pola atau bentuk tertentu. Pengertian gaya kepemimpinan yang demikian ini sesuai dengan pendapat yang disampaikan oleh Davis dan Newstrom (1995). Keduanya menyatakan bahwa pola tindakan pemimpin secara keseluruhan seperti yang dipersepsikan atau dipacu oleh bawahan tersebut dikenal sebagai gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan dari seorang pemimpin, pada dasarnya dapat diterangkan melalui tiga aliran teori berikut ini 1.Teori Genetis (Keturunan)  Inti dari teori menyatakan bahwa “Leader are born and nor made” (pemimpin itu dilahirkan bakat bukannya dibuat). Para penganut aliran teori ini mengetengahkan pendapatnya bahwa seorang pemimpin akan menjadi pemimpin karena ia telah dilahirkan dengan bakat kepemimpinan. Dalam keadaan y

ACL V 8.0 (Audit command language)

ACL V 8.0 (Audit command language)    1.  Pengertian ACL (gambar : ACL versi 8.0) ACL adalah sebuah software yang dirancang secara khusus untuk menganalisa data dan menghasilkan laporan audit baik untuk pengguna biasa (common/ nontechnical users)  maupun pengguna ahli (expert users).              Software ini dapat melakukan akses data langsung ke dalam database ataupun dalam bentuk teks fil e dalam waktu yang singkat tanpa menganggu sistem yang sedang berjalan, melakukan proses verifikasi hasil dari data yang diperoleh untuk menciptakan integrasi data yang dipercaya, dan hasil analisa data yang dapat diandalkan. Semua dapat dilakukan dengan cepat, tepat, aman, dan akurat. 2.       Kelebihan dan Kekurangan Dalam setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan pada ACL:             Kelebihan ACL:           1.       Bagi auditor:              Penggunaan ACL akan membantu