Kerjasama
tim di dalam kelompok merupakan faktor penting yang harus ada dalam suatu
perusahaan atau organisasi. Dalam menyelesaikan suatu proyek, kecemerlangan
seorang individu saja tidak cukup. Diperlukan kerjasama tim di dalam kelompok
itu agar suatu proyek dapat dilaksanakan sesuai target. Membangun kerjasama tim
juga dapat meningkatkan komunikasi antara karyawan dan manajer sehingga dapat
meningkatkan kepercayaan dan produktivitas.
PENGERTIAN
DAN KARAKTERISTIK KELOMPOK
Pengertian
Kelompok
1.
Kelompok adalah sejumlah individu
berkomunikasi satu dengan yang lain
dalam jangka waktu tertentu yang jumlahnya tidak terlalu
banyak, sehingga tiap orang dapat berkomunikasi
dengan semua anggota secara langsung. (Homans, 1950)
2.
Kelompok merupakan sekelompok orang yang
saling berinteraksi sesuai
dengan pola yang telah
mapan, sedangkan kolektiva merupakan orang yang mempunyai rasa solidaritas
karena berbagai niai bersama dan yang telah memiliki rasa kewajiban moral untuk
menjalankan harapan peran. (Merton)
3.
Kelompok adalah sejumlah orang yang
berhubungan (berinteraksi) antara
satu dan yang lainnya,
yang secara psikologis sadar akan kehadiran yang lain dan yang menganggap diri
mereka sebagai suatu kelompok. (Achmad S. Ruky)
Karakteristik kelompok
sama.
serta
dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.
TAHAPAN
PEMBENTUKAN KELOMPOK
Model
pembentukan suatu kelompok pertama kali diajukan oleh Bruce Tuckman (1965).
Teori ini dikenal sebagai salah satu teori pembentukan kelompok yang terbaik
dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah kosep ini dicetuskan.
Tahap
1 – Forming
Pada
tahap
ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok
cenderung untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun
mereka
belum saling mengenal dan belum saling percaya.
Tahap
2 – Storming
Kelompok
mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi.
Mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka selesaikan. Anggota
kelompok saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan perspektif mereka
masing-masing. Pada beberapa kasus, tahap storming cepat selesai. Namun ada
pula yang mandenk pada tahap ini.
Tahap
3 – Norming
Terdapat
kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok. Peranan dan tanggung jawab
telah jelas. Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain seiring
dengan mereka melihat kontribusi masing-masing anggota untuk kelompok.
Tahap
4 – Performing
Kelompok
dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa
ada konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota kelompok saling
bergantung satu sama lainnya dan mereka saling respect dalam berkomunikasi.
Tahap
5 – Adjourning dan Transforming
Tahap
dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa saja
kembali pada tahap mana pun ketika mereka mengalami perubahan.
KEKUATAN
TEAM WORK
Teamwork
atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan untuk
mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya. Berikut
poin-poin teamwork yang baik :
1.
Teamwork adalah kerjasama dlm tim yang
biasanya dibentuk dari beragam
divisi
dan kepentingan.
2.
Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu
adalah kerja individual.
3.
Filosofi teamwork: ‘saya mengerjakan apa
yang Anda tidak bisa dan Anda
mengerjakan apa yang saya tidak bisa.
4.
Ketika berada dalam teamwork, segala ego
pribadi, sektoral, departemen
harus disingkirkan.
5.
Dalam teamwork yang dikejar untuk
dicapai adalah target bersama, bukan
individual.
6.
Keragaman individu dalam teamwork memang
sebuah nilai plus namun
bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
7.
Saling pengertian terhadap karakter
masing-masing anggota team akan
menjadi modal sukses bersama.
8.
Jika setiap orang bekerjasama via bidang
masing-masing, target korporasi
pasti akan segera terealisasi.
9.
Individu yang egois mengejar target
pribadi akan menghambat keberhasilan
team. Bayangkan jika si
A mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target bersama bermuara
kemana?
10. Keahlian
masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang
akan mempercepat proses pencapaian target.
11. Kendalikan
ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung
pada pemboikotan kerjasama.
12. Dengan
pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team,
realisasi target tidak perlu waktu yang lama.
13. Ingatlah
selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work’.
IMPLIKASI
MANAJERIAL
Artikel
ini diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi pihak-pihak yang terkait,
antara lain :
- Artikel ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi mengenai kerjasama dalam team (kelompok) atau team work.
- Identifikasi mengenai berbagai permasalahan/kendala yang dihadapi dalam kerjasama dalam team (kelompok) atau team work.
- Untuk dapat mengatasi kendala dalam kerjasama dalam team (kelompok) atau teamwork.
Daftar Pusaka :
http://melvinhutomo.blogspot.co.id/2015/06/bekerjasama-dalam-team-kelompok-atau.html
Comments
Post a Comment