Peran
Teknologi Informasi Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak
berperan dalam bidang-bidang salah satunya adalah : Bidang pendidikan(e-education)
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka.
Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
1.
Penggunaan
perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam
pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
2. Sharing resource bersama
antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
3. Berkembangnya pendidikan
terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk
menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai
strategi utama.
4. Perpustakaan &
instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber
informasi daripada sekedar rak buku.
Dengan
adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat
ini sudah dimungkinkan :
·
untuk
diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet
·
untuk
menghubungkan antara pelajar dengan guru,
·
mengirimkan
berkas tugas yang diberikan guru dan sebagainya
·
melihat
nilai siswa secara online,
·
mengecek
pembayaran.,
·
melihat
pendaftaran masuk perguruan tinggi,
Faktor utama dalam distance learning yang
selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara pelajar dan guru. Namun demikian, dengan
media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara guru dan siswa baik dalam
bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat
dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio
atau real video, dan sebagainya. Yang tidak real time bisa
dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board.
Dengan cara di atas interaksi pelajar dan guru di kelas mungkin akan
tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara
pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi
dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh siswa.
Demikian pula dengan ujian dan kuis yang
dibuat oleh pengajar dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian
administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi
saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online.
Suatu
pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai
berikut:
1)
Pusat
kegiatan siswa;
sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan
sarana ini sebagai tempat kegiatan siswa, dimana siswa dapat menambah kemampuan,
membaca materi pembelajaran, mencari informasi dan sebagainya.
2)
Materi
online diluar materi pembelajaran; Untuk menunjang
perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada
bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan
lainnya untuk di publikasikan kepada siswa lainnya melalui web.
3)
Pendalaman
materi dan ujian;
Biasanya guru sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan
untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir
masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance
learning
4)
Perpustakaan
digital; Pada
bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku
tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian
ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.
5)
Interaksi
dalam grup;
Para siswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan
materi-materi yang diberikan guru. Guru dapat hadir dalam group
ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
Mewujudkan ide dan keinginan di atas dalam
suatu bentuk realitas bukanlah suatu pekerjaan yang mudah tapi bila kita lihat
ke negara lain yang telah lama mengembangkan web based distance learning, sudah
banyak sekali institusi atau lembaga yang memanfaatkan metode ini. Bukan hanya
skill yang dimiliki oleh para engineer yang diperlukan tapi juga berbagai
kebijaksanaan dalam bidang pendidikan sangat mempengaruhi perkembangannya. Jika
dilihat dari kesiapan sarana pendukung misalnya hardware, maka agaknya hal ini
tidak perlu diragukan lagi. Hanya satu yang selalu menjadi perhatian utama
pengguna internet di Indonesia yaitu masalah bandwidth, tentunya dengan
bandwidth yang terbatas ini mengurangi kenyamanan khususnya pada non text based
material.
Di luar negeri, khususnya di negara maju, pendidikan
jarak jauh telah merupakan alternatif pendidikan yang cukup digemari. Metoda
pendidikan ini diikuti oleh para mahasiswa, karyawan, eksekutif, bahkan ibu
rumah tangga dan orang lanjut usia.
Sumber :
http://safruddinamin.blogspot.co.id/2012/11/perkembangan-it-dalam-dunia-pendidikan.html
Sumber :
http://safruddinamin.blogspot.co.id/2012/11/perkembangan-it-dalam-dunia-pendidikan.html
Comments
Post a Comment